PELAJARAN PERTAMA
BUKU HARIAN
(menulis)
1. Standar Kompetensi
Mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan: menulis buku harian, surat pribadi dan surat resmi, teks pengumuman, menyunting karangan sendiri atau orang lain, menulis pengalaman, mengubah teks wawancara menjadi naratif, dan menulis memo atau pesan singkat.
2. Kompetensi Dasar
Menulis buku harian
3. Indikator
Mampu menulis pengalaman, pemikir-an, dan perasaan pada buku harian dengan memperhatikan cara pengungkapan dan tidak lupa mencantumkan waktu penulisan
(1) Mampu mengungkapkan pengerti-an, manfaat, isi, dan cara menulis buku harian.
(2) Mampu menuliskan pengalaman, perasaan, dan pemikiran pada bu-ku harian dengan memperhatikan cara pengungkapan dan mencan-tumkan waktu penulisan.
4. Uraiamn Materi
4.1 Buku Harian
Anak-anak, hari ini kita belajar menu-lis. Pelajaran pertama adalah menulis buku harian. Tentu Kamu pernah mendengar kata “buku harian”, bukan? Nah, bagian ini membahas perihal buku harian. Pemba-hasannya meliputi pengertian, manfaat, isi, dan cara menulis buku harian. Kamu sudah siap untuk memulai, bukan? Baik, mari kita mulai!
Buku harian dikenal juga dengan catatan harian. Dalam bahasa Inggris disebut “diary”. Buku harian berisi hal-hal penting yang terjadi pada hari itu. Hal penting itu dapat berupa pengalaman, pemikiran, dan perasaan. Pengalaman menarik yang bermanfaat dapat dituliskan di dalamnya. Pemikiran yang muncul, yang dianggap penting dan bermanfaat, juga dapat direkam dalam buku harian. Begitu pula halnya dengan perasaan tentang atau terhadap sesuatu, juga dapat menjadi muatan buku harian. Jadi, buku harian pada dasarnya adalah catatan penting tentang pengalaman, pemikiran, dan perasaan yang ditulis setiap hari oleh seseorang.
Buku harian memiliki dua kategori. Pertama, buku harian yang bersifat personal atau individu atau pribadi. Buku harian ini menjadi milik individu. Buku harian jenis ini dibuat, dibaca, dan dimanfaatkan oleh individu. Isinya ber-kaitan dengan masalah-masalah pribadi. Oleh karena itu, orang lain tidak boleh membacanya. Kedua, buku harian yang bersifat umum. Buku harian ini biasanya menjadi milik suatu lembaga. Buku harian jenis ini dibuat, dibaca, dan dimanfaatkan oleh atau atas nama lembaga. Kedua jenis buku harian ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Lalu, apa manfaat buku harian itu? Nah, itu pertanyaan yang bagus. Memang, setiap mempelajari sesuatu, seharusnya Kamu tanyakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak, banyak manfaatnya. Kamu tahu, bukan? Buku harian itu merupakan catatan yang menggunakan bahasa tulis. Menulis buku harian tiap hari berarti kita berlatih menulis. Jadi, manfaat pertama dari buku harian ialah sebagai wahana berlatih menulis. Selain itu, buku harian mencatat, merekam, dan mengabadikan pengalaman, perasaan, dan pemikiran yang bermanfaat. Hal itu akan dapat dijadikan pedoman pada masa yang akan datang. Jadi, manfaat kedua buku harian adalah sebagai alat perekam kejadian atau peristiwa penting yang berhubungan dengan pengalaman, perasaan, dan pemikiran. Tentu akan banyak manfaat lain yang dapat diung-kapkan. Silakan Kamu tambah manfaat menulis buku harian ini.
Dua hal telah Kamu ketahui tentang buku harian. Kedua hal itu adalah penger-tian buku harian dan manfaat buku harian. Bagian berikut adalah tentang isi buku harian. Apa sajakah yang dapat diisikan di dalam buku harian? Nah, pertanyaan ini pulalah yang hendak dijawab dalam uraian selanjutnya.
Ada tiga hal yang dapat dituangkan ke dalam buku harian. Ketiga hal itu akan menjadi isi buku harian. Hal itu adalah pengalaman, perasaan, dan pemikiran. Pengalaman adalah sesuatu yang telah dialami. Yang dialami itu bisa menyenang-kan dan bisa pula mengenaskan. Tentu, yang dituangkan ke dalam buku harian adalah pengalaman yang mengesankan dan bermanfaat. Perasaan adalah sesuatu yang dirasakan tentang atau terhadap hal terten-tu. Perasaan itu bisa senang, sedih, duka, gembira, lucu, dan sebagainya. Hal itu dapat pula menjadi isi dari buku harian. Tentu saja yang direkam di dalam buku harian adalah perasaan istimewa yang paling mengesankan. Pemikiran adalah sesuatu yang menjadi hasil berpikir, sesu-atu yang dilahirkan oleh proses berpikir. Pemikiran itu bisa berupa pendapat, gagas-an, dan ide tentang atau yang berhubungan dengan sesuatu. Tentu juga, pemikiran yang dicatat di dalam buku harian adalah pemikiran yang berguna atau bermanfaat.
Jadi, isi buku harian itu secara garis besar ada tiga, yakni pengalaman, perasa-an, dan pemikiran.
Pengertian, manfaat, dan isi buku harian telah Kamu kenal. Kini, Kamu diajak untuk mengenal cara menulis buku harian. Cara sama dengan teknik. Cara menulis buku harian sama artinya dengan teknik menulis buku harian. Jadi, bagaimana caranya? Nah bagian berikut akan memandu Kamu menulis buku harian.
Sebelum menulis buku harian ada beberapa hal yang harus kamu kenal. Hal itu adalah komponen atau elemen buku harian, format buku harian, dan penggunaan bahasa dalam buku harian. Elemen minimal buku harian ada dua. Pertama komponen hari, tanggal, dan tahun. Kedua, komponen isi buku harian. Jadi kalau Kamu membuatnya dalam bentuk format dapat berupa:
Format Alternatif 1
Hari dan Tanggal |
Isi Buku Harian |
Format Alternatif 2
Hari dan TanggalIsi Buku Harian |
Mungkin format-format lain dapat Kamu ciptakan sendiri. Sebenarnya tidak ada acuan format yang standar untuk buku harian. Artinya, format buku harian dapat ditentukan oleh pemiliknya.
Komponen dan format buku harian sudah diketahui. Bagiaman penggunaan bahasanya? Nah, inilah yang menjadi inti dari menulis buku harian, yakni penggu-naan bahasa. Baik, sekarang mari kita bahas penggunaan bahasa dalam buku harian!
Buku harian ada dua kategori. Pertama, buku harian yang berkategori individu. Buku harian berkategori ini menggunakan bahasa yang individual juga. Bahasa yang individu adalah bahasa khas (khusus) yang digunakan oleh seseorang untuk mengung-kapkan sesuatu. Bahasanya diwarnai oleh kepribadian individu itu. Tentu saja, bahasa yang digunakan haruslah komuni-katif. Artinya, bahasa yang digunakan dapat dipahami jika dibaca oleh orang lain. Buku harian berkategori kedua yaitu buku harian yang dibuat dan digunakan oleh lembaga. Buku harian jenis ini hendaklah menggunakan bahasa yang umum, bahasa yang dapat dikenal dan dipahami oleh orang yang membacanya. Biasanya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ragam lembaga itu.
Jadi, bahasa yang digunakan dalam buku harian adalah bahasa yang sesuai dengan kategori buku harian itu. Jika ia berkategori individu bahasanya sangat individual, dan jika berkategori lembaga, bahasanya haruslah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk penggunaan bahasa itu, hal yang paling penting adalah komunikatif, dapat dipahami dengan tepat dan benar oleh pembaca.
4.2 Menuliskan Pengalaman, Perasaan, dan Pemikiran pada Buku Harian
“Pengalaman adalah guru yang paling baik” (experience is the best teacher), itulah ungkapan yang sering kita dengar. Tiap hari kita mendapat banyak penga-laman. Pengalaman hari ini berbeda dengan kemarin. Pengalaman minggu yang lalu berbeda dengan minggu ini. Dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun, kita memiliki segudang pengalaman. Akan tetapi, apakah semua yang kita alami itu dapat kita ingat? Tentu tidak, bukan? Oleh karena itu, kita perlu memiliki keteram-pilan untuk merekam pengalaman itu. Salah satu bentuk keterampilan tersebut adalah menulis buku harian. Pada saatnya, pengalaman kita yang terekam itu akan dapat menjadi guru atau pelajaran yang sangat berharga.
Pengalaman yang dicatat pada buku harian adalah pengelaman yang menarik. Selain menarik, pengalaman itu juga bermanfaat untuk dicatat. Pengalaman itu bisa terjadi setiap hari. Akan tetapi, belum tentu pengalaman tiap hari itu menarik dan bermanfaat. Oleh karena itu, pengalaman tersebut haruslah diseleksi, disaring, dan dipilih. Hanya yang menarik dan bermanfaat sajalah yang dicatat atau dire-kam di dalam buku harian.
Amatilah buku harian di bawah ini!
Hari dan Tanggal |
Isi Buku Harian |
Senin,25 April 2005 | Hari ini aku dipanggil ke kantor. Hampir setahun belajar di sekolah ini, baru kali inilah aku dipanggil. Ada apa gerangan? Apakah ada yang salah padaku? Pertanyaan itu terjawab kemudian. Aku dipanggil oleh kepala sekolah untuk menjadi duta sekolah dalam lomba menulis cerpen di tingkat kabupaten. Alhamdulillah, segalapuji bagi Allah.Sanggupkah aku menjadi duta untuk sekolahku? Inilah yang selalu menjadi renunganku sampai pada hari yang ditentu-kan. |
Itulah contoh sederhana. Tentu Kamu akan bercerita panjang tentang penga-lamanmu ketika duduk di ruangan kepala sekolah. Keramahan kepala sekolah, dorongan yang diberikannya, dan sema-ngat yang dibekalkannya kepadamu akan Kamu ceritakan.
Itukan contoh pengalaman. Bagaimana pula dengan perasaan? Apakah cara penulisannya sama? Apakah pengalaman bisa dituliskan dalam bentuk perasaan? Nah, semakin banyak pertanyaan yang diajukan, semakin banyak hal yang perlu dipelajari. Baguslah, jika Kamu dapat membuat banyak pertanyaan.
Mari, kita lihat contoh berikut!
Senin, 25 April 2005Hati ini gundah, takut, dan gelisah. Perasaan ini juga tidak tenteram. Ada apa gerangan? Mengapa kepala sekolah memanggilku? Adakah aku melanggar ketentuan yang berlaku di sekolah ini? Adakah…? Sungguh sangat banyak pertanyaan yang harus kujawab.
Hati yang gundah itu membias ke wajahku. Tiba-tiba Rini menepuk pundakku dari belakang. “Tin, selamat, ya! Akhirnya Kamu yang terpilih, selamat, deh. Aku sungguh bangga padamu, sahabat!” Aku masih bingung, Beban kegelisahan yang menghim-pitku, semakin berat. Berat dan semakin berat. “Ada apa Rin? Ada apa denganku? Sungguh Rin, aku tidak tahun sama sekali, sungguh”. Akhirnya aku sampai di depan ruangan kepala sekolah. Dan … |
Pada contoh kedua terlihat pengung-kapan perasaan. Perasaan penulisnya gundah dan gelisah. Selain perasaan, penulisnya juga mengungkapkan peng-alamannya. Bisa jadi, contoh kedua itu adalah gabungan antara pengungkapan perasaan dan pengalaman. Bolehkan buku haian seperti itu? Boleh saja. Siapa yang melarang. Buku harian jenis ini kan milik individu. Ya, boleh dibuat apa saja.
Kamu amati lagi contoh berikut, ya!
Hari dan Tanggal |
Isi Buku harian |
Senin, 25 April 2005 | Hari ini aku resmi menjadi utusan sekolah untuk berlomba. Perlombaannya di tingkat kabupaten. Bidang yang dilombakan adalah menulis cerpen. Hal ini tidak kuduga sama seklai. Sungguh, tidak kuduga. Akan tetapi, kini tanggung jawab itu terpikul di pundakku.Tahun ini aku yang menjadi duta sekolah untuk kegiatan ini. Tahun depan kegiatannya tentu masih ada. Dutanya, jelas tidak aku lagi. Mungkin temanku dan mungkin juga adik kelasku. Karena itu, alangkah baiknya kalau untuk menghadapi kegiatan tahun depan sekolahku mempersiapkan diri. Misalnya dengan membentuk kelompok pencinta sastra.
Yah, pendapat ini akan kusampaikan kepada pembimbing OSIS. Mudah-mudahan mendapat tanggapan. Tentu saja …. |
Ketiga contoh itu memperlihatkan penulisan buku harian. Contoh pertama untuk pengalaman, contoh kedua diwarnai oleh perasaan, dan contoh ketiga menggambarkan pemikiran. Contoh-contoh itu bukanlah yang terbaik. Itu hanya sekedar contoh. Jika Kamu yang membuat, tentu dapat ditampilkan contoh buku harian yang terbaik. Oleh karena itu, mari berlatih membuat buku harian!
Sebelum berlatih, apakah masih boleh bertanya? Tentu, Kamu boleh bertanya. Pertanyaannya begini. Apakah buku harian boleh ditulis dalam bentuk puisi? Wah, ini pertanyaan yang menarik. Tentu perlu jawaban dengan contoh juga, bukan?
Begini! Pada penjelasan sebelumnya sudah ditegaskan. Buku harian kategori personal dapat diulis dengan bahasa personal. Bahasa personal atau bahasa indvidu boleh menggunakan gaya prosa dan boleh gaya puisi. Artinya, buku harian yang Kamu tulis boleh dalam bentuk puisi.
Nah, Kamu perhatikan contoh berikut, ya!
Senin 25 April 2005Minggu yang lalu
Suratku berlabuh di kotamu Nestapa Apa yang menimpa Hingga Tak berbalas |
Kamu amati contoh yang ini. Kira-kira apa yang ditulis oleh pemiliknya? Barang-kali, dia menulis surat untuk seseorang. Ia menunggu-nunggu balasannya. Balasan surat itu tidak kunjung datang. Oleh karena itu, dengan perasaan mendalam dan bahasa yang puitis, dia tulis seperti itu.
Nah, kini Kamu semakin paham, bukan? Buku harian personal atau individu dapat ditulis menurut selera pemiliknya. Sudah siap untuk berlatih? Mari, berlatih!
5. Pertanyaan dan Tugas
5.1 Pertanyaan
(1) Apa yang dimaksud dengan buku harian? Jelaskanlah jawabanmu!
(2) Jelaskanlah manfaat buku harian dalam kegiatan tulis menulis!
(3) Apa saja yang dapat diisikan/ ditulsikan di dalam buku harian? Jelaskanlah jawabanmu!
5.2 Tugas
Tulislah contoh buku harian atau buku harian sebenarnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
(1) Identifikasilah hal yang akan Kamu tulis dalam buku harian (pengalam-an, pemikiran, atau perasaan)
(2) Tetapkan bentuk bahasa yang akan Kamu gunakan (prosa atau puisi)
(3) Tetapkan bentuk format yang akan dipakai (contoh alternatif 1 atau 2 atau mungkin Kamu berkreasi sen-diri
(4) Tulislah draf (buram) buku harian-mu pada format yang Kamu siap-kan!
(5) Revisi buku harian yang telah Kamu buat!
(6) Tulislah kembali dengan tulisan yang jelas, bersih, dan menarik pada format baru yang telah Kamu siapkan.
(7) Jika isinya tidak rahasia pribadi, Kamu dapat membacakannya di hadapan teman-temanmu.
(Tugas ini dikerjakan di ruangan kelas di bawah bimbingan guru).
Untuk meningkatkan kemampuan-mu dalam menulis buku harian, berlatihlah terus setiap hari. Siapkan buku khusus untuk itu. Buku yang disiapkan dapat buku biasa dan dapat pula buku yang sudah tersedia khusus untuk itu.
Selamat berlatih!
DAFTAR BACAAN
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Kurikulum . 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Semi, M. Atar. 1995. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya
Thahar, Haris Effendi. 1999. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa
Novakovich, Josip. 2003. Berguru kepada Sastrawan Dunia. Bandung: Kaifa
Zulkarnaini. 1996. Bermula dari Ide, Berakhir pada Tulisan. Bukittinggi: Tulisan Pribadi, Belum Dipublikasikan
tulisan ini ini masih perlu diset ulang pengaturan paragrapnya seperti perataan kiri-kanan. terimakasih
Terima kasih atas saran Anda, saya akan edit tampilannya sehingga enak dibaca.
trims ya…………..
…………….
thank you so much
Trimakasih Pak Zul! Bahanya di dwl Kalau ada waktu ditambah lagi untuk yg esde.
Makasi, kembali. Insya-Allah nanti ditambah contoh untuk SD
pak zul saya mohon pak zul tampilkan tekhnik pembuatan bahan ajar yang pernah pak zul sajikan pada waktu workhshop di smp 6 solok krn punya saya tidak ketemu dan bahan tersebut akan saya gunakan sebagai referensi skripsi saya yang berjudul studi tentang pemberian bahan ajar terhadap hasil belajar pada proses pembelajaran matematika di smp negeri 2 kota solok. Terimakasih atas bantuan pak zul saya tunggu pak zul
Bu Muzdalifah, teknik menyusun bahan ajar sudah ada di blog ini. Tinggal ibu buka dan ambil. Atau, saya bisa dicari di LPMP tetapi di kontak dulu.
thaks pak,skrg q tahu ttg bhn ajr…………
Makasi, Bu Ayi telah mampir ke blog saya. Insya-Allah kita upayakan membuat contoh untuk SMA.
law mnrt saya sdh bgs…………pak tlg tmbkn cth utk SMA.
tolong ada diary, tapi yang berbahasa inggris
Lain kali, mungkin bisa ditampilkan. Makasi, bapak atau ibu Nafi mampir di blog saya
tulisan anda sangat bermanfaat untuk saya yang masih awam dalam menyusun bahan ajar. terima kasih dan lanjutkan!
Makasi telah mampir di blog saya. Semoga sukses.
terimakasih banyak ya
tulisan anda sangat bermanfaat bagi saya
tugas ini merupakan tugas dadakan dan saya harus menyelesaikannya dalam waktu 2 hari
dan karna tulisan anda
tugas saya dapat di bantu
tp
bukan berarti saya meng-copy paste
thnk`s
Pak Zainal, makasi kembali. Jika bahan di blog ini bermanfaat oleh teman-teman, silakan diunduh. Semoga bermanfaat.
Terima kasih atas blog bapak, blog ini sangat berguna untuk saya sebagai pedoman.
Terima kasih kembali. Alhamdulillah jika bermanfaat
pa zul minta dijelasn apan definisi bahan ajar, dan apa saja menentukan bahan ajar yang baik
Pak Zul, terima kasih blog Bapak ini menjadi sangat membantu saya sbg pedoman. Bahan ajar yang jelas,singkat , padat.
trims ya………….karna dah bantu aquuuuuuuuuuuu……………..llllllllllleeeeeeeeeeeebbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyyy………………
Trims kembali. Sykurlah jika Anda terbantu dengan tulisan-tulisan yang ada di blog ini. Salam
Makasih atas info infonya, tadi saya baru buka dan sangat membantu pekerjaan saya. makasih ya mas.! salam kenal juga.
Makasi kembali, jika ada yang perlu disempurnakan, saya tunggu saran dan masukan Anda.
Dear Sir…
It’s nice material keep going….But I want to see the material of teaching in English sir
Have a nice weekend
Erna
SMP N 2 Gn. Talang Solok
Dear Sir
It’s nice material I like it, But I want to see the material of learning in English sir
Have a nice weekend
Erna
makasih pa….. salam silaturrahim.
Assalamu’alaikum….
Makasi kembali, salam
Mulailah Menulis Bahan Ajar
bahasanya lancar, apa rahasianya, Pak Zul?
Tidak ada rahasia, guru saya dulu mengatakan, “Ngomonglah kepada pembaca Anda!”
Terima kasih tmn2 dan terima kasih jg pak zulkarnaidiran atas jawaban pertanyaan dari tmn2
saya membaca dan ikut memahami,.
Makasi kembali.
pak kalo buat mata pelajaran bahasa inggris SMP gmna pak contohnya atau bpak punya contohnya tolong di upload kan pak. terima kasih 🙂
Pak Zulkarnain, terima kasih atas shariing informasi ini, insya Allah bermanfaat…