DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN TIGA DI LPMP SUMBAR

Ada pendidikan dan pelatihan (Diklat)  prajabatan untuk golongan tiga di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat. Kegiatan berlangsung dari tanggal 16 September sampai dengan 13 Oktober 2011. Kegiatan diikuti oleh 33 orang peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari Provinsi Nanggro Aceh Darussalam, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Dari Aceh berjumlah 13 orang yakni dari Universitas Malikussaleh enam orang dan dari Universitas Syiah Kuala tujuh orang. Dari Sumatera Barat meliputi Kopertis Wilayah X dua orang, Universitas Negeri Padang dua orang, Institut Seni Indonesia Padangpanjang tiga orang, LPMP Sumbar dua orang, Universitas Andalas sepuluh orang, dan dari Bengkulu satu orang.

Peserta pada umumnya adalah CPNS staf pengajar dan staf administrasi. Sajian hari ini yang disampaikan adalah komunikasi efektif. Memandu mereka yang golongan tiga dan apa lagi para dosen, sangatlah menarik. Kecerdasan dan potensi yang mereka miliki dapat dioptimalkan oleh fasilitator. Tugas fasilitator menjadi ringan karena mereka dapat melakuka ekplorasi materi dari berbagai sumber, selain sumber modul yang disiapkan dari pusat.

Hal-hal yang mendasar dalam komunikasi efektif dapat digarap. Terutama komunikasi yang berhubungan dengan profesi mereka sebagai dosen dan staf di perguruan tinggi. Ilmu yang mereka serap selama ini dapat diapungkan. Selain itu komunikasi efektif dapat dilihat pula dari berbagai sudut pandang keilmuan yang mereka miliki. Mereka memang beragam seperti dari fakultas kedokteran, tekni, seni, dan agama. Diskusi kelompok mereka terlihat sangat intens, mereka mencoba melakukan elaborasi terhadap keonsep-konsep yang ada di modul pembelajaran. Fasilitator (Zulkarnaini) lebih banyak melakukan konfirmasi atau penguatan terhadap konsep-konsep yang ditransformasi.

Selamatlah untuk dosen-dosen cerdas yang kini masih CPNS. Di tangan Anda generasi mendatang menggantungkan harapan. (Catatan, Selasa, 27 September 2011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *